Kamis, 15 November 2012

Manfaatkan Ikan Hias Sebagai Peluang Usaha Masyarakat

Dislautkan Gelar Acara Show Case - Desimenasi Ikan Hias Botia
Wakil Bupati Katingan, H Surya Tinjau Depo Ikan Hias Milik Dislautkan
TERRA - Kabupaten Katingan memiliki potensi ikan hias yang cukup banyak dan  Ikan hias tersebut berpeluang sebagai lapangan usaha masyarakat Kabupaten Katingan. Ada sekitar 60 spesies jenis ikan hias yang ada pada perairan sungai, danau dan rawa yang mempunyai niai komersial.

Wakil Bupati Katingan H Surya, dalam sambutannya di Acara Show Case -Desimenasi Ikan Hias Botia- (Rabu, 13/11) mengatakan, Kabupaten Katingan memiliki potensi kelautan sektor kelautan dan perikanan yang cukup besar, salah satunya adalah Ikan hias.

Hanya saja, selama ini  masyarakat katingan belum banyak yang tertarik menjadikannya lapangan usahanya,” sebut Surya.

Hal tersebut, lanjut Surya,  dikarenakan akses pemasarannya belum banyak diketahui oleh masyarakat kabupaten katingan, sedangkan jenis ikan hias Botia/Kakari telah ada baik di dalam negeri maupun di luar negeri pangsa pasarnya. Hal tersebut terbukti adanya pelau usaha ikan hias lokal yang mendistribusikan hasil tangkapan ikan Botia oleh masyarakat luar daerah.

Menurut Wabup, Pemerintah Kabupaten Katingan merasa bertanggung jawab terhadap pelestarian jenis ikan hias yang berada pada perairan umum Kabupaten Katingan. Dengan upaya mengadopsi teknologi melalui balai kepada dinas kelautan dan perikanan kabupaten katingan khususnya untuk ikan hias Botia/Kakari dapat dikembangkan peredarannya sampai pada tingkat masyarakat perikanan pada umumnua di kabupaten katingan.

Pemerintah Kabupaten Katingan, mengapersiasi dan mengucapkan terima kasih kepada pihak balai yang telah mentransferkan ilmu dan teknologinya kepada pemerintah daerah kabupaten katingan. Dengan adopsi teknologi ini dirnya berharap dinas kelautan dan perikanan kabupaten katingan yang telah memiliki fasilitas pembenihan ikan hias Botia bisa menjadikan salah satu referensi pendidikan, peluang usaha dan wiasata. Untuk pengembangan  ke depan perlu peningkatan kerjasama yang lebih intensif melalui paket teknologi ikan hias laiinya.

Pemerintah Kabupaten Katingan berharap pada segenap masyarakat dapat memanfaatkan Depo ikan hias ini secara optimal,” harap Wabup.(fit)

Sumber; Palangka Ekspres
Reporter; Fahruddin Fitriya

1 komentar:

  1. ikan hias botia memang bernilai tinggi mas dan merupakan ikan hias yang jarang ditemukan serta permintaannya tinggi

    BalasHapus